Halo sobat pemancal sekalian.
Apa kabarnya setelah liburan
lebaran kemarin?
Mumpung masih dibulan Syawal, Pacific Biker Malang
menghaturkan Selamat Idul Fitri 1436 H. Kita kembali ke Nol ya. Ya dosanya,
khilafnya, isi dompetnya… eh? :D Begitu juga dengan agenda mancalnya hehehe
Bulan memang puasa sudah lewat. Banyak sekali cerita di
Ramadhan tahun ini. Apalagi kegiatan baru yaitu mancal bin gowes yang kudu
ditahan, takut bikin khilaffff. Bottle cage sampai rela dilepas. Syukur alhamdulillah,
puasa tahun ini nggak bolong. Hobi gowes pun masih bisa, disela waktu
menjalankan ibadah puasa.
Setelah nafsu mancal ditahan selama sebulan, akhirnya pada
hari yang cerah di Sabtu terakhir libur lebaran. Misi mancal ‘berbuka’ tersebut
sukses terbayarkan. Dengan menjalankan misi ke barat, kemudian belok ke selatan
hehehe.
Judulnya, Mancal tipis – tipis semi ‘minggat’ Batu – Wlingi
– Blitar – Malang.
Nah, selamat membaca :)
Sabtu pagi,
Memulai niat mancal dengan sedikit peregangan dan pemanasan.
Memohon restu sang Ibunda dengan salim sungkem ‘wolak – walik’ *alaMasterFajar
sang blogger memulai satu pancalan menuju tikum alun – alun Kota Batu.
Bismillah, menekuni jalan pedal ala #pemancal_wirid, saya berangkat.
Alun alun Batu di Sabtu pagi |
Kota Malang di hari itu masih cukup lengang. Jam 6 pagi
dikala weekend yang masih dihari libur lebaran. Beberapa kantor, sekolah dan
pusat bisnis baru buka hari Senin. Sungguh jalanan kota yang nyaman. Jauh dari
kata semrawut saat disiang hari. Nggak perlu adu senggol sama mobil dan motor. Paru
– paru jadi bebas menghirup oksigen sebanyak mungkin. Segarrr.
Nyantai |
Pelan namun pasti menyusuri rute dieng – galunggung – sigura
gura – dinoyo. Jalur yang sudah umum untuk menuju kota wisata Batu. Sesekali
berpapasan dengan pemancal lain. Lempar senyum J kan ibadah. Ada yang solo, ada juga yang rombongan.
Yang agak menggelitik pas ketemu rider dengan sepeda mid-end yang pake kostum mancal lengkap dengan
kacamata pelanginya. Walah, mau turing kota dandanannya keren amat pak.
Kebungkus semua dari ujung kepala sampe ujung kaki. Busettt. Ok lupakan.
The Bikes |
Pemandangan jalur kota sangat nggak menarik, banget. Pun
nggak ada para bidadari kampus yang biasanya wira wiri. Padahal eksistensi
mereka *haha lumayan mendinginkan mata lho ^^ . Singkat cerita bertemu dengan
sosok partner mancal yang sudah tidak asing jagat pemancalan sepeda Malang
raya. Dari belakang kenal banget ini. Pasti, ya pasti nggak salah lagi pasti
Ustad Om Fai. Haha. Sempat chit chat dan dialog bentar. Walau nawaitu-nya mau
ngebarengin, maaf banget om jalanan nanjak ke batu rame padat. Saya tunggu di
atas nggeh :D
Jam 7.11
Sampai di tikum alun alun kota Batu. Lha, nyampe duluan
saya? Hmm. Masih belum tampak partisipan yang lain. Telat 11 menit dari jadwal
yang seharusnya jam 7 teettt! Lumayan, dibanding menuju tikum waktu gowes ke Cangar dulu waktu tempuh kali ini lebih singkat. Santai dulu nunggu partner, Om fai dan Om
Ilham .
Yang tampaknya senior, jelas Om Ilham hehehe |
Celingukan dewe saya. Ada sih beberapa pemancal roadbike
‘mahal’ nongkrong disana. Tapi rasanya bukan Om Ilham deh. Om Ilham sendiri
bukan nama asing dikalangan para pemancal. Anda dijamin ngeri liat koleksi
tropi dan track record diakun strava beliau. Pas jam 7.50 saya, Om fai dan Om Ilham berangkat ke
pit stop selanjutnya, patung sapi pujon.
Lets Go! |
Seumur umur baru ini nanjak pake onthel ke Pujon. Jalanannya
itu lho. Wassalam banget! Untung deh pake roadbike. Nggak untung juga sih, lha
crank paling kecil aja sama dengan crank mtb paling gede. Ini nih namanya
mancal tipis tipis.
Seperti biasa, aku diam tak bicara Om Ilham ngacir di depan
kedua saya paling belakang Om fai. Oiya, jangan salah. Dua partner riding kali
ini jauh lebih senior dari saya. Dalam soal pahit manis dan getir kehidupan
tentunya hahaha. Ampun om… But seriously, soal jam tempuh gowes kedua senior ini udah
tinggi banget. Mancalnya udah kemana-mana. Juos dah!
Back to mancal.
Menyusul Om Ilham itu, sungguh. Tidak mudah. Untuk
mempertahankan ritme pancal mengimbangi kecepatannya saja sudah susah. Plus
banyak kendaraan besar yang melintas dijalan meliuk-liuk khas pegunungan. Baru
mau genjot dikit, diklakson mobil, motor. Hadeh. Nyebut nyebut, emang nggak
boleh ngebut kayaknya. Finish tipis 2 detik dibelakang Om Ilham sampai pitstop
patung sapi.
Sementara Om Fai belum terlihat. Kayaknya ngoyo banget deh
nanjak jalanan aspal pake mtb. Sekitar 10 menit kemudian beliau baru muncul. Disinilah
kekurangan mtb untuk tanjakan onroad. Berat.
Mr. Fai, nyampe juga akhirnya |
Mari kita lanjut |
Mumpung matahari belum terlalu terik perjalanan mancal
dilanjut. Untung deh sampai Pujon jalanan cenderung turunan yang kadang landai
dan banyak kelokan. Lupakan sudah derita mancal ditanjakan tadi hehehe. Disini
bisa ngebut sampe puassss. Asal nggak lupa ngerem!
Bencana biasanya terjadi karena kita terlena.
Yak itu juga yang menimpa rombongan kecil kami. Terlena
dengan turunan yang aduhai. Duo roadbike saya dan om Ilham melesat didepan.
Sedikit macet dibeberapa titik kelokan. Namun bisa diatasi dengan lancar. Pake
stang balap memang enak coy. ^^ Saking asiknya sempet lupa kalo Om Fai yang
pakai mtb ketinggalan agak jauh dibelakang.
Sempat kaget waktu ada pemotor yang ‘ngawe2’ saya.
“ mas, koncone sampean tibo! - mas temennya jatuh! ” sambil nunjuk ke jalanan atas.
Deg! Wah Om Fai!
Langsung serrr gimana gitu rasanya. Cepet cepet lari keatas,
nggak kepikiran mancal trus sepeda diambrukkan sekenanya. Posisi Om fai ada
dipinggir jalan. Rupanya telat ngerem karena ada mobil depan yang berhenti mendadak.
Memang jalanan seperti ini rawan. Terutama soal rem.
Korban |
Alhamdulillah nggak ada luka serius. Walaupun tangan kanan Om fai terutama Ibu jari
nggak bisa dipake shifting, katanya. Sadel gel yang baru dipasang pun sobek,
waduh. Setelah ditawarkan mau lanjut
atau balik kanan. Beliau memilih lanjut. Yah sudah om, kalem kalem saja. Saya
tak duluan hehehe.
Skippp >>>
Perjalanan kami lanjut dengan lebih hati – hati. Aspal yang
tidak rata dibagian pinggir menciutkan speed Om Ilham. Nggak berlalku sih
dengan saya :D hajar. Masalah headset sama wheelset oleng ya urusan besok.
Pergi jauh..
Keluar kota
Lewati desa – desa
Pikiran segar hati jadi riang
Duhai asyiknya
Jalan – jalan diakhir pekan lihat ke kiri dan ke kanan
Pohon – pohon dan burung – burung semua bernyanyi riang
Sungguh, rute yang menakjubkan!
Langit biru sempurna! |
Keindahan alamnya sangat berbeda. Lembah, sungai, bukit dan
pegunungan hijau menghampar sepanjang sisi pandangan mata. Sedikit info bahwa
jalur ini ada diantara dua Gunung besar. Yaitu gunung Kawi dan Gunung Kelud
yang sempat erupsi beberapa waktu yang lalu. Kalau anda pernah nonton film
silat mandarin atau avatar the legend of aang. Ya kira – kira begitulah
pemandangannya. Seperti bukan di Malang. Padahal masih termasuk wilayah
Ngantang – Kab. Malang nih. Makin kagum sama kebesaran Tuhan YME.
Yak pose.... |
View Gunung Kelud |
Kontur jalanan yang rolling, naik turun mengantarkan
rombongan hingga pertigaan Selorejo. Pukul 10 lebih sedikit. Dari sini belok
kiri menuju Wlingi dan ini cukup berat sodara sodara.
Pertigaan ke Wlingi |
Matahari jam 10 menuju wlingi. Tapi bukan. Rasanya itu seperti terik
matahari jam 11.30! Panas sekali, cukup berat untuk melibas rute tanjakan. Kritis
karena persediaan air 2 botol sudah masuk kedalam perut. Gps strava menunjukkan
baru 50 km dr kota Malang, masih kurang 80 km lagi. Wah sekali. Jalanan terus saja
menanjak sampai puncak krisik. Menghajar tanjakan pas matahari lagi tinggi
tingginya itu sungguh beratttt. Sampai jam 12 siang, belum ada tanda bonus
turunan.
Smangat ommmm! |
Memasuki hutan. Udara berubah sejuk namin masih full tanjakan. Dari perjalanan ini saya belajar beberapa hal. Diantaranya, kalo anda bertemu jembatan, biasanya di depan ada tanjakan :( .
yang ngacir duluan, boleh istirahat duluan hehe |
Untungnya, saat dengkul udah diambang batas tenaga kontur
jalan berubah. Dari tanjakan diantara hutan yang tak berujung menjadi turunan full AC. Lumayan buanget
buat pendinginan dengkul. Sayang, nggak sempat foto - foto. Khilaf sih ketemu drop :D
Tikungan berbahaya, mirip sirkuit motogp :D |
Pemandangan menakjubkan! |
Kombinasi rombongan nggak banyak berubah. Ditanjakan bisa
gantian di depan bareng Om Ilham, sementara di drop jelas saya ngacir, enak sih
:D . Posisi belakang masih betah dihuni Om Fai yang rasanya sengsara banget
touring antar kota pake mtb. Sabar ya om..
gaya ala pembalap :D |
Singkat cerita sampai di pinggiran kota Blitar jam 2 siang.
Sebelumnya mampir ke masjid ‘satu-satunya’ yang keliatan dijalur ini buat
qoshor Dhuhur dan Ashar. Makan siang menjelang sore seadanya dengan menu nasi
pecel plus segelas es teh dingin. Alhamdulillah, kenyang.
Menurut plang penunjuk arah Kota Malang masih 59 km lagi.
Jarak malang – karangkates saja 30km-an. Itu artinya kudu melahap 30km awal
menuju perbatasan Blitar – karangkates. Astaga, masih jauh….
anda lapar? sama. saya juga. |
Pancal saja terus!
Sedari di warung makan Om Fai sudah wanti – wanti rutenya
berikutnya, takut saya ngacir ngambil rute lebih jauh katanya :D Dan
dipersilakan ngacir duluan setelah keluar dari gerbang Waduk Lahor. Ide bagus!
Lepas gerbang waduk bebas ngebut se-ngacirnya.
Perjalanan dari Karangkates menuju Malang sebenarnya cukup
singkat. Hanya saja nggak tega ninggalin Om Fai dibelakang. Setelah sempat
mlipir di jalibar beberapa kali dan ketemu sama Om Fai, saya pamit duluan.
Keburu maghrib.
pulang |
Alhamdulillah, sampai dirumah jam 5.11 sore.
Total jarak tempuh sekitar +- 130km berhasil dilahap dengan selamat!
Trimakasih, sudah mampir diblog sederhana ini. See you next trip :)
Jalur silaturahim
Strava id Ardi Augusta
ph. 0856 4829 2327
bbm 51FC53C7
instagram @ardiaugusta
bbm 51FC53C7
instagram @ardiaugusta
Sungkem salim wolak walik
BalasHapussini nak sini sini :D
BalasHapusIso ngeblog tibak'e arek iki.. :p
BalasHapussedikit nyerempet dengan 'ngeblong' pak men :D
Hapus