Selasa, 28 Juli 2015

Tour de Krisik Wlingi






Halo sobat pemancal sekalian. 
Apa kabarnya setelah liburan lebaran kemarin?


Mumpung masih dibulan Syawal, Pacific Biker Malang menghaturkan Selamat Idul Fitri 1436 H. Kita kembali ke Nol ya. Ya dosanya, khilafnya, isi dompetnya… eh? :D Begitu juga dengan agenda mancalnya hehehe


Bulan memang puasa sudah lewat. Banyak sekali cerita di Ramadhan tahun ini. Apalagi kegiatan baru yaitu mancal bin gowes yang kudu ditahan, takut bikin khilaffff. Bottle cage sampai rela dilepas. Syukur alhamdulillah, puasa tahun ini nggak bolong. Hobi gowes pun masih bisa, disela waktu menjalankan ibadah puasa. 





Setelah nafsu mancal ditahan selama sebulan, akhirnya pada hari yang cerah di Sabtu terakhir libur lebaran. Misi mancal ‘berbuka’ tersebut sukses terbayarkan. Dengan menjalankan misi ke barat, kemudian belok ke selatan hehehe. 


Judulnya, Mancal tipis – tipis semi ‘minggat’ Batu – Wlingi – Blitar – Malang

Nah, selamat membaca :)



Sabtu pagi,


Memulai niat mancal dengan sedikit peregangan dan pemanasan. Memohon restu sang Ibunda dengan salim sungkem ‘wolak – walik’ *alaMasterFajar sang blogger memulai satu pancalan menuju tikum alun – alun Kota Batu. Bismillah, menekuni jalan pedal ala #pemancal_wirid, saya berangkat.

Alun alun Batu di Sabtu pagi

 Kota Malang di hari itu masih cukup lengang. Jam 6 pagi dikala weekend yang masih dihari libur lebaran. Beberapa kantor, sekolah dan pusat bisnis baru buka hari Senin. Sungguh jalanan kota yang nyaman. Jauh dari kata semrawut saat disiang hari. Nggak perlu adu senggol sama mobil dan motor. Paru – paru jadi bebas menghirup oksigen sebanyak mungkin. Segarrr.

Nyantai
Pelan namun pasti menyusuri rute dieng – galunggung – sigura gura – dinoyo. Jalur yang sudah umum untuk menuju kota wisata Batu. Sesekali berpapasan dengan pemancal lain. Lempar senyum J kan ibadah. Ada yang solo, ada juga yang rombongan. Yang agak menggelitik pas ketemu rider dengan sepeda mid-end  yang pake kostum mancal lengkap dengan kacamata pelanginya. Walah, mau turing kota dandanannya keren amat pak. Kebungkus semua dari ujung kepala sampe ujung kaki. Busettt.  Ok lupakan.


The Bikes

Pemandangan jalur kota sangat nggak menarik, banget. Pun nggak ada para bidadari kampus yang biasanya wira wiri. Padahal eksistensi mereka *haha lumayan mendinginkan mata lho ^^ . Singkat cerita bertemu dengan sosok partner mancal yang sudah tidak asing jagat pemancalan sepeda Malang raya. Dari belakang kenal banget ini. Pasti, ya pasti nggak salah lagi pasti Ustad Om Fai. Haha. Sempat chit chat dan dialog bentar. Walau nawaitu-nya mau ngebarengin, maaf banget om jalanan nanjak ke batu rame padat. Saya tunggu di atas nggeh :D 


Jam 7.11


Sampai di tikum alun alun kota Batu. Lha, nyampe duluan saya? Hmm. Masih belum tampak partisipan yang lain. Telat 11 menit dari jadwal yang seharusnya jam 7 teettt! Lumayan, dibanding menuju tikum waktu gowes ke Cangar dulu waktu tempuh kali ini lebih singkat.  Santai dulu nunggu partner, Om fai dan Om Ilham . 

Yang tampaknya senior, jelas Om Ilham hehehe
Celingukan dewe saya. Ada sih beberapa pemancal roadbike ‘mahal’ nongkrong disana. Tapi rasanya bukan Om Ilham deh. Om Ilham sendiri bukan nama asing dikalangan para pemancal. Anda dijamin ngeri liat koleksi tropi dan track record diakun strava beliau. Pas jam 7.50 saya, Om fai dan Om Ilham berangkat ke pit stop selanjutnya, patung sapi pujon.

Lets Go!

 
Selamat Jalan
 


Seumur umur baru ini nanjak pake onthel ke Pujon. Jalanannya itu lho. Wassalam banget! Untung deh pake roadbike. Nggak untung juga sih, lha crank paling kecil aja sama dengan crank mtb paling gede. Ini nih namanya mancal tipis tipis. 


Seperti biasa, aku diam tak bicara Om Ilham ngacir di depan kedua saya paling belakang Om fai. Oiya, jangan salah. Dua partner riding kali ini jauh lebih senior dari saya. Dalam soal pahit manis dan getir kehidupan tentunya hahaha. Ampun om… But seriously, soal jam tempuh gowes kedua senior ini udah tinggi banget. Mancalnya udah kemana-mana. Juos dah! 


Back to mancal. 


Menyusul Om Ilham itu, sungguh. Tidak mudah. Untuk mempertahankan ritme pancal mengimbangi kecepatannya saja sudah susah. Plus banyak kendaraan besar yang melintas dijalan meliuk-liuk khas pegunungan. Baru mau genjot dikit, diklakson mobil, motor. Hadeh. Nyebut nyebut, emang nggak boleh ngebut kayaknya. Finish tipis 2 detik dibelakang Om Ilham sampai pitstop patung sapi.


Sementara Om Fai belum terlihat. Kayaknya ngoyo banget deh nanjak jalanan aspal pake mtb. Sekitar 10 menit kemudian beliau baru muncul. Disinilah kekurangan mtb untuk tanjakan onroad. Berat.

Mr. Fai, nyampe juga akhirnya

Mari kita lanjut
 
This is Mr. Fai
Mumpung matahari belum terlalu terik perjalanan mancal dilanjut. Untung deh sampai Pujon jalanan cenderung turunan yang kadang landai dan banyak kelokan. Lupakan sudah derita mancal ditanjakan tadi hehehe. Disini bisa ngebut sampe puassss. Asal nggak lupa ngerem!


Bencana biasanya terjadi karena kita terlena.


Yak itu juga yang menimpa rombongan kecil kami. Terlena dengan turunan yang aduhai. Duo roadbike saya dan om Ilham melesat didepan. Sedikit macet dibeberapa titik kelokan. Namun bisa diatasi dengan lancar. Pake stang balap memang enak coy. ^^ Saking asiknya sempet lupa kalo Om Fai yang pakai mtb ketinggalan agak jauh dibelakang.

Sempat kaget waktu ada pemotor yang ‘ngawe2’ saya. 


mas, koncone sampean tibo! - mas temennya jatuh! ” sambil nunjuk ke jalanan atas.


Deg! Wah Om Fai!


Langsung serrr gimana gitu rasanya. Cepet cepet lari keatas, nggak kepikiran mancal trus sepeda diambrukkan sekenanya. Posisi Om fai ada dipinggir jalan. Rupanya telat ngerem karena ada mobil depan yang berhenti mendadak. Memang jalanan seperti ini rawan. Terutama soal rem.

Korban



Alhamdulillah nggak ada luka serius.  Walaupun tangan kanan Om fai terutama Ibu jari nggak bisa dipake shifting, katanya. Sadel gel yang baru dipasang pun sobek, waduh.  Setelah ditawarkan mau lanjut atau balik kanan. Beliau memilih lanjut. Yah sudah om, kalem kalem saja. Saya tak duluan hehehe. 


Skippp >>>


Perjalanan kami lanjut dengan lebih hati – hati. Aspal yang tidak rata dibagian pinggir menciutkan speed Om Ilham. Nggak berlalku sih dengan saya :D hajar. Masalah headset sama wheelset oleng ya urusan besok.



Pergi jauh..

Keluar kota

Lewati desa – desa

Pikiran segar hati jadi riang

Duhai asyiknya



Jalan – jalan diakhir pekan lihat ke kiri dan ke kanan

Pohon – pohon dan burung – burung semua bernyanyi riang



Sungguh, rute yang menakjubkan! 

Langit biru sempurna!
 

Keindahan alamnya sangat berbeda. Lembah, sungai, bukit dan pegunungan hijau menghampar sepanjang sisi pandangan mata. Sedikit info bahwa jalur ini ada diantara dua Gunung besar. Yaitu gunung Kawi dan Gunung Kelud yang sempat erupsi beberapa waktu yang lalu. Kalau anda pernah nonton film silat mandarin atau avatar the legend of aang. Ya kira – kira begitulah pemandangannya. Seperti bukan di Malang. Padahal masih termasuk wilayah Ngantang – Kab. Malang nih. Makin kagum sama kebesaran Tuhan YME. 

Yak pose....

View Gunung Kelud
 

Kontur jalanan yang rolling, naik turun mengantarkan rombongan hingga pertigaan Selorejo. Pukul 10 lebih sedikit. Dari sini belok kiri menuju Wlingi dan ini cukup berat sodara sodara.

Pertigaan ke Wlingi

Matahari jam 10 menuju wlingi. Tapi bukan. Rasanya itu seperti terik matahari jam 11.30! Panas sekali, cukup berat untuk melibas rute tanjakan. Kritis karena persediaan air 2 botol sudah masuk kedalam perut. Gps strava menunjukkan baru 50 km dr kota Malang, masih kurang 80 km lagi. Wah sekali. Jalanan terus saja menanjak sampai puncak krisik. Menghajar tanjakan pas matahari lagi tinggi tingginya itu sungguh beratttt. Sampai jam 12 siang, belum ada tanda bonus turunan.

Smangat ommmm!
 
Nanjak!

Memasuki hutan. Udara berubah sejuk namin masih full tanjakan. Dari perjalanan ini saya belajar beberapa hal. Diantaranya, kalo anda bertemu jembatan, biasanya di depan ada tanjakan :( . 

yang ngacir duluan, boleh istirahat duluan hehe
 
Untungnya, saat dengkul udah diambang batas tenaga kontur jalan berubah. Dari tanjakan diantara hutan yang tak berujung menjadi turunan full AC. Lumayan buanget buat pendinginan dengkul. Sayang, nggak sempat foto - foto. Khilaf sih ketemu drop :D

 
Tikungan berbahaya, mirip sirkuit motogp :D
 
tikungan ala sirkuit
 
Pemandangan menakjubkan!
 


Kombinasi rombongan nggak banyak berubah. Ditanjakan bisa gantian di depan bareng Om Ilham, sementara di drop jelas saya ngacir, enak sih :D . Posisi belakang masih betah dihuni Om Fai yang rasanya sengsara banget touring antar kota pake mtb. Sabar ya om..

gaya ala pembalap :D

Singkat cerita sampai di pinggiran kota Blitar jam 2 siang. Sebelumnya mampir ke masjid ‘satu-satunya’ yang keliatan dijalur ini buat qoshor Dhuhur dan Ashar. Makan siang menjelang sore seadanya dengan menu nasi pecel plus segelas es teh dingin. Alhamdulillah, kenyang.

 
break, dan jangan tinggalkan sholat :)


Menurut plang penunjuk arah Kota Malang masih 59 km lagi. Jarak malang – karangkates saja 30km-an. Itu artinya kudu melahap 30km awal menuju perbatasan Blitar – karangkates. Astaga, masih jauh….

anda lapar? sama. saya juga.


Pancal saja terus! 


Sedari di warung makan Om Fai sudah wanti – wanti rutenya berikutnya, takut saya ngacir ngambil rute lebih jauh katanya :D Dan dipersilakan ngacir duluan setelah keluar dari gerbang Waduk Lahor. Ide bagus! Lepas gerbang waduk bebas ngebut se-ngacirnya.

Perjalanan dari Karangkates menuju Malang sebenarnya cukup singkat. Hanya saja nggak tega ninggalin Om Fai dibelakang. Setelah sempat mlipir di jalibar beberapa kali dan ketemu sama Om Fai, saya pamit duluan. Keburu maghrib.

pulang

Alhamdulillah, sampai dirumah jam 5.11 sore.


Total jarak tempuh sekitar +- 130km berhasil dilahap dengan selamat!
Trimakasih, sudah mampir diblog sederhana ini. See you next trip :)

Jalur silaturahim
Strava id    Ardi Augusta
ph.            0856 4829 2327
bbm           51FC53C7
instagram   @ardiaugusta 

Unknown Community Web

Media silaturahim antar pesepeda se-Indonesia. Berbagi kesan dan pengalaman dengan sepeda. Salam Gowes :) .

4 komentar: