Selasa, 09 Februari 2016

Onroad Turen - Andeman



Mendung bergelayut dilangit pagi kota malang senin itu. Pagi hari suasananya sendu seperti sore. Tak ada sinar matahari yg mampu menghangatkan hati tanah. Cuaca yang amat sangat pas untuk kembali narik selimut.



pemandangan sepanjang perjalanan


Ah, rasanya ter-la-lu kalo libur 2 hari cuma dipakai males malesan. Memang belakangan ini lagi nggak sempat piknik alias gowes. Si biru lagi opname :( , wheelset depan minta ganti bearing dan kabel shifter damn! duit lagi nih. Piknik offroad ke gunung dicoret saja. Lagi males nyuci juga sih :p

Nah denger2 di sekitaran Turen ada tempat asik buat ngadem. Cocok rute onroad, sekalian ngajak jalan2 sepeda robek jadul biar nggak nggambek jarang diajak gowes hehehe. Bersama 2 teman sekampung, pas jam 7 kami meluncur menuju TKP ndan!

Tkp gan!

Sensasi gowes onroad memang beda. Nggak seperti kalo gowes ke gunung. Hijau nan asri dikanan kiri. Aroma tanah dan kebun warga sekitar sering bikin jatuh cinta. kadang jadi sering break sekedar ngadem sambil menikmati sekitar. Sedangkan gowes onroad hanya aspal sepanjang perjalanan. Memang sih sepeda roadbike identik dengan kecepatan untuk dilintasan mulus seperti itu. Hmmm, bersepeda emang dunia yang sangat luas sekali.

Teman sepancalan kali ini

Dua jam lamanya menyusuri jalan kota mulai dari Mayjen Sungkono - Bululawang - Krebet - hingga Turen - Codo Wajak. Pas pukul 9.05 menit kami sampai ditujuan, Eko Wisata Andeman.

Tanda - tanda jalanmu sudah benar nak!

Andeman adalah pemandian alam buatan di desa SananKerto kec Turen Kab. Malang. Disebut juga Boon Pring, karena disana terhampar hutan bambu yang luasnya lebih dari 20 hektar. Akses jalan sudah cukup bagus meski ada beberapa bagian aspal lepas karena lalu lintas kendaraan truk yang mengangkut pasir tambang disungai sekitar. Jalan menanjaknya sekilas mirip rute Tumpang - Gubug Klakah, terjal menn!!!

Mas ini cakep yo, wek :p

Masuk area Andeman langsung saja ke mas-mas parkirnya. Kalo beruntung biasanya disuruh lewat aja. Mungkin masnya kasian liat kami yang jauh-jauh mancal cuma butuh tempat ngadem ini :D Jadi modal 'nuwun sewu - matur nuwun' plus tampang melas langsung disuruh masuk. Pancen dasar rejeki hehehe.

yak selpieee, cekrek!


ke pulau tengah
Satu yang saya takjub dari andeman, yaitu alami dan bersih. Jarang terpantau sampah berserakan. Toa himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan pun kerap terdengar. Asri sekali. Jauh dibandingkan wisata sumbersirah yang sudah mirip pemandian umum tanpa batas. Kolam pemandian dan wisata perahu dipisah. Warung penjaja makanan minuman juga letaknya jauh dari kolam. Benar benar dikelola dengan baik. Semoga tetap bersih, dan jauhkan dari generasi alay! waspadalah!

Asri

Dibagian wisata perahu bisa menyewa perahu kecil atau berkeliling dengan perahu besar 2x putaran cukup bayar 4ribu rupiah saja. Sempatkan juga masuk ke pulau Putri Sekar sari. Semacam pulau samosirnya Andeman dimana didalamnya penuh aneka bungan dan tanaman. Duduk dibawah pohon diujung pulang pilihan saya. Adem. Sambil cuci mata pada beberapa penumpang perahu yang lewat #uhuk

Monggo pinarak.
seger
bunga dan semut

pohon besar di tengah rawa

Last, Andeman memang destinasi piknik yang mengagumkan. Walaupun masih berbenah fasilitas disana sini namun sudah terlihat potensinya. Semoga Andeman tetap asri dan lestari.

kantin



Butuh guide? call me :D
Salam :)



Jalur silaturahim
Strava id    Ardi Augusta

ph.            0856 4829 2327
bbm           51FC53C7
instagram   @ardiaugusta
Dibuang sayang 

Aneka jajanan

Inside pulau

Gazebo

Salam Pancal!


Unknown Community Web

Media silaturahim antar pesepeda se-Indonesia. Berbagi kesan dan pengalaman dengan sepeda. Salam Gowes :) .

2 komentar:

  1. ini lokasi e dimana mas tepatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di desa Sanankerto turen mas. Dari persimpangan tugu gede setelah dari krebet lurus aja (tugu ke-2 ya, yg gede, yg pertama kan kecil)
      :)

      Hapus